DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:GISEVA APRILIASIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Banyaknya penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh anak usia sekolah mengindikasikan semakin menurunnya nilai karakter bangsa. Karakter yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu di antaranya adalah karakter tanggung jawab dan peduli sosial. Untuk mengembangkan karakter tanggung jawab dan peduli sosial, model kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan karakter tanggung jawab dan peduli sosial siswa, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan (3) menganalisis pengaruh karakter tanggung jawab dan peduli sosial terhadap hasil belajar setelah diterapkan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian time series. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 15 Banjarmasin yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dapat mengembangkan karakter tanggung jawab dan peduli sosial, (2) rata-rata hasil belajar cenderung meningkat dan termasuk dalam kategori sangat baik serta (3) terdapat pengaruh karakter tanggung jawab dan peduli sosial terhadap hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI