DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI
PENGARANG:ELLEN NABELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI

(Oleh: Ellen Nabella;Pembimbing: Muhammad Zaini,Aulia Ajizah; 2020; 96halaman)

Abstrak:

Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menuntut adanya proses pembelajaran yang mengacu padappendekatanosaintifik. Guru menjadi pusat pembelajaran pada persoalan pendidikan yang terjadi saat ini, peserta didik menerima pembelajaran seacara abstrak tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilanpberpikirnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didikp(LKPD) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitianini menggunakan metode desainTessmer, yang terdiri dari: 1)expert review; 2)one-to-one; dan 3)small group. Subjek penelitian pendapat pakar meliputi dua orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru biologi SMA. Subjek uji perorangan adalah tiga orang pesertaldidik. Subjek uji kelompok kecil adalah enam orang pesertapdidik. Jenis data yang didapatkan meliputi data keefektifan harapan. Hasil didapatkan dari keefektifan harapan berdasarkanketerampilan berpikirkritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki kategori sangat baik (meliputi analisis,oinferensi, danleksplanasi) serta memiliki kategori baik (meliputi interpretasi dan pengaturan diri). Keterampilan interpersonal (bekerjasama) dan keterampilan intrapersonal (teliti) peserta didik memiliki kategori sangat baik dengan skor keterampilan interpersonal dan keterampilan intrapersonal 86,33%.

 

Kata kunci:    Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Sistem Sirkulasi.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI