DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PREDIKSI SEBARAN RESERVOIR BATUPASIR MENGGUNAKAN ANALISA ATRIBUT SEISMIK DAN INVERSI ACOUSTIC IMPEDANCE PADA LAPANGAN FC-85 CEKUNGAN TARAKAN KALIMANTAN UTARA
PENGARANG:RIMA NIATUNAI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


 

 

PREDIKSI SEBARAN RESERVOIR BATU PASIR MENGGUNAKAN ANALISA ATRIBUT SEISMIK DAN INVERSI ACOUSTIC IMPEDANCE PADA LAPANGAN FC-85 CEKUNGAN TARAKAN KALIMANTAN UTARA

 

(Oleh: Rima Niatunai; Simon Sadok Siregar, S.Si., M.Si; Dr. Fahrudin, M.T.; Husein Agil Almunawwar, S.Si., M.S.; 2019; 47 halaman)

 

Telah diidentifikasi sebaran reservoir batupasir berdasarkan analisa attribut seismik dan inversi acoustic impedance pada Lapangan FC-85 Cekungan Tarakan Kalimantan Utara berdasarkan data volume seismik 3D Post-Stack Time Migration dan data sumur. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisa attribut seismik (root mean square & instantaneous frequency) dan analisa inversi seismik (Model Based), memperoleh peta sebaran daerah reservoir serta memperkirakan lokasi pengeboran sumur produksi baru.

 

Hasil rekaman data seismik dan well logging diproses dan diinterpretasikan untuk mendapatkan peta sebaran reservoir berdasarkan amplitudo, frekuensi dan nilai impedansi akustik. Berdasarkan hasil analisa attribut seismik RMS dan Instantaneous Frequency, didapatkan zona yang bisa diidentifikasikan sebagai daerah reservoir batupasir berada di sebelah timur laut dan selatan dari lapangan FC-85 dimana zona tersebut ditandai dengan nilai amplitudo tinggi dan frekuensi rendah. Berdasarkan hasil analisa seismik inversi impedansi akustik, untuk uji sensitivitas data sumur didapatkan rentang nilai impedansi akustik reservoir batu pasir zona target berkisar dari 6000 ((m/s)*(g/cc)) – 7500 ((m/s)*(g/cc)), namun tidak dapat memisahkan litologi batu pasir dan shale. Untuk daerah dugaan reservoar yang bisa dijadikan lokasi titik pengeboran sumur produksi baru berada di sebelah timur laut hingga timur dan selatan hingga barat daya dari sumur FC-1.

 

Kata kunci: Atribut Seismik, Amplitudo RMS, Batupasir, Frekuensi Sesaat, Impedansi Akustik, Inversi Seismik, Impedansi Akustik.

 

.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI