DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN
PENGARANG:HENY KUSTIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan pada abad ke-21 ialah  keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dianggap masih kurang. Salah satu perangkat pembelajaran yang perlu diperbaiki untuk membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik ialah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD pada konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Subjek validasi adalah 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas XI jenjang SMA dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik kelas XI jenjang SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berdasarkan uji pakar memiliki kategori valid; 2) kepraktisan isi memiliki kategori baikdan kepraktisan harapan LKPD berdasarkan respon peserta didik memiliki kategori sangat baik; dan 3) keefektifan LKPD berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki kategori baik (meliputi interpretasi, analisis, inferensi dan eksplanasi) dan kategori sangat baik (meliputi pengaturan diri). Keterampilan interpersonal (bekerjasama) dan keterampilan intrapersonal (teliti) peserta didik memiliki kategori sangat baik.

 

Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI