DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK DAERAH DALAM RANGKA OPTIMALISASI PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN (Periode 2009 sampai dengan 2018)
PENGARANG:AINAYA AL FATIHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


      Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas penerimaan pajak daerah dan untuk mengetahui laju pertumbuhan serta kontribusinya terhadap pajak daerah maupun pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pajak daerah sebagai salah satu komponen penerimaan daerah yang termuat dalam pendapatan asli daerah yang dikenakan kepada penduduk daerah tersebut oleh pemerintah daerah tanpa memperoleh kontraprestasi langsung dari pajak yang dibayarkannya.

      Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode analisis efisiensi, efektivitas, kontribusi serta laju pertumbuhan menggunakan data sekunder berupa realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah yang diperoleh dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

      Efisiensi penerimaan setiap pajak daerah dari tahun 2009 sampai 2018 dinyatakan sangat efisien dan efektifitas penerimaan setiap pajak daerah secara keseluruhan dinyatakan cukup efektif. Kontribusi penerimaan setiap pajak daerah terhadappenerimaan pendapatan asli daerah masih sangat rendah dan laju pertumbuhan yang tinggi adalah pajak air tanah serta masih ada pertumbuhan yang kearah negatif yaitu bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

Kata Kunci: Efisiensi dan efektivitas, pajak daerah, pendapatan asli daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI