DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA
PENGARANG:DATIN MAGHFIROTUL NADHIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 sudah mengakomodir model pembelajaran yang menuntut dan memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis (KBK), namun peran bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang dalam memfasilitasi KBK peserta didik. Dengan LKPD yang berkualitas diharapkan pembelajaran mampu mencapai tujuan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria Berbasis KBK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan uji pakar, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Subjek validasi meliputi dua orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru biologi SMA. Subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik. Subjek uji kelompok kecil adalah enam orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) validitas LKPD berdasarkan uji pakar memiliki kategori valid; 2) kepraktisan isi LKPD memiliki kategori baik dan kepraktisan harapan LKPD memiliki kategori sangat baik; 3) keefektifan harapan berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD memiliki  kategori sangat baik (meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, dan pengaturan diri) dan kategori baik (meliputi inferensi dan eksplanasi). Keterampilan interpersonal (bekerjasama) dan keterampilan intrapersonal (teliti) peserta didik memiliki kategori sangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI