DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN PERSEPSI KEADILAN DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING SERTA DESENTRALISASI DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERATING Studi Pada Kementerian Agama di Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ADESTIA YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


ABSTRAK

 

Adestia Yunita, Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Manajerial dengan Persepsi Keadilan dan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening serta Desentralisasi dan Internal Locus of Control sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Kementerian Agama di Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan). Fahmi Rizani (Pembimbing Utama) dan Akhmad Sayudi (Pembimbing)

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan menggunakan persepsi keadilan dan komitmen organisasi sebagai variabel intervening serta desentralisasi dan internal locus of control sebagai variabel moderating pada Kementerian Agama di Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan.

Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert 1-5 yang dibagikan kepada 135 responden dan diolah menggunakan program SPSS versi 25. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung, sedangkan untuk menguji variabel moderating menggunakan uji residual.

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini membuktikan bahwa partisipasi penyusunan anggaran tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja manajerial, tetapi berpengaruh secara tidak langsung melalui persepsi keadilan dan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Adapun variabel desentralisasi memoderasi pengaruh antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, sedangkan internal locus of control tidak memoderasi pengaruh antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial.

 

Kata kunci:  Partisipasi Penyusunan Anggaran, Persepsi Keadilan, Komitmen Organisasi, Desentralisasi, Internal Locus of Control, Kinerja Manajerial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI