DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Melalui Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka kelas VII SMPN 32 Banjarmasin
PENGARANG:APRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 32 Banjarmasin rata-rata masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang ada ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 32 Banjarmasin  pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Disamping itu, juga mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan esktrakurikuler pramuka di SMP Negeri 32 Banjarmasin.

Metode yang digunukan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu melakukan penelitian deskriptif karena penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan atau melukiskan suatu kejadian atau peristiwa dengan analisa secara mendalam dari data yang ditemukan di lapangan tentang peran dan kendala pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka kelas VII SMP Negeri 32 Banjarmasin.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap  kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler pramuka mampu membentuk suatu karakter tanggung jawab peserta didik, karena setiap kegiatan esktrakurikuler pramuka selalu mengandung unsur pembentukan karakter tanggung jawab maupun disiplin.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pihak sekolah selalu mendukung dan mendorong peserta didik agar selalu aktif disetiap kegiatan ektrakurikuler pramuka yang diadakan latihannya setiap satu minggu sekali, selalu mendukung juga dalam sarana prasana diektrakurikuler pramuka agar mampu membuat peserta didik terfasilitasi setiap kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI