DIGITAL LIBRARY



JUDUL: HUBUNGAN PENJADWALAN DINAS PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:Syawalludin Rahman
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-01-25


Latar  Belakang: Rumah  sakit  sebagai  suatu  sarana  penunjang  kesehatan

memiliki  indikator  standar  pelayanan  minimal  salah  satunya  yaitu  kepuasan pasien. Kepuasan pasien selama dirawat di suatu rumah sakit masih dalam kategori rendah. Rendahnya kepuasan pasien tersebut dipengaruhi beberapa faktor yang salah satunya adalah penjadwalan dinas perawat.Kelelahan kerja pada perawat  dapat  berakibat  kesalahan dalam  bekerja sehingga pelayanan yang diberikan tidak optimal dan dapat menjadi permasalahan dalam kepuasan pasien selama proses perawatan.

Tujuan: Mengetahui  hubungan  penjadwalan  dinas  perawat  dengan  tingkat

kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode:Metode penelitian ini bersifat korelasi dengan jenis pendekatan         cross

sectional dan  teknik  sampel  menggunakan     accidental  sampling.Pengambilan

data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada 92 pasien di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin.

Hasil:    Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  gambaran  penjadwalan  dinas

perawat rata-rata sebesar 37,29 dan gambaran tingkat kepuasan pasien rata- rata  sebesar  64,73.Hasil  analisis  didapatkan  adanya  hubungan  yang  positif antara penjadwalan dinas perawat yang dipersepsikan pasien dengan tingkat kepuasan  pasien  di  ruang  rawat  inap  RSUD  Ulin  Banjarmasin.  (P  Value= 0,000<0,05).

Diskusi:Penjadwalan dinas perawat dapat memengaruhi tingkat kepuasan yang

dirasakan  oleh  pasien  maka  diharapkan  untuk  meningkatkan  dan menciptakanpenjadwalan  dinas  yang  baik  agar  dapat  memberikan  kualitas pelayanan yang optimal terhadap pasien.

Kata Kunci: Penjadwalan dinas perawat, Rawat Inap, Tingkat kepuasan pasien

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI