DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HUBUNGAN PENJADWALAN DINAS PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD ULIN BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | Syawalludin Rahman | |
PENERBIT | : | FAKULTAS KEDOKTERAN | |
TANGGAL | : | 2018-01-25 |
Latar Belakang: Rumah sakit sebagai suatu sarana penunjang kesehatan
memiliki indikator standar pelayanan minimal salah satunya yaitu kepuasan pasien. Kepuasan pasien selama dirawat di suatu rumah sakit masih dalam kategori rendah. Rendahnya kepuasan pasien tersebut dipengaruhi beberapa faktor yang salah satunya adalah penjadwalan dinas perawat.Kelelahan kerja pada perawat dapat berakibat kesalahan dalam bekerja sehingga pelayanan yang diberikan tidak optimal dan dapat menjadi permasalahan dalam kepuasan pasien selama proses perawatan.
Tujuan: Mengetahui hubungan penjadwalan dinas perawat dengan tingkat
kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin.
Metode:Metode penelitian ini bersifat korelasi dengan jenis pendekatan cross
sectional dan teknik sampel menggunakan accidental sampling.Pengambilan
data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada 92 pasien di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran penjadwalan dinas
perawat rata-rata sebesar 37,29 dan gambaran tingkat kepuasan pasien rata- rata sebesar 64,73.Hasil analisis didapatkan adanya hubungan yang positif antara penjadwalan dinas perawat yang dipersepsikan pasien dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin. (P Value= 0,000<0,05).
Diskusi:Penjadwalan dinas perawat dapat memengaruhi tingkat kepuasan yang
dirasakan oleh pasien maka diharapkan untuk meningkatkan dan menciptakanpenjadwalan dinas yang baik agar dapat memberikan kualitas pelayanan yang optimal terhadap pasien.
Kata Kunci: Penjadwalan dinas perawat, Rawat Inap, Tingkat kepuasan pasien
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI