DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di SMP Negeri Se-Banjarmasin Tengah | |
PENGARANG | : | RISKA AULINA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-01-23 |
ABSRAK
Matematika merupakan salah suatu mata pelajaran yang diberikan pada setiap jenjang pendidikan. Namun kebanyakan siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, terlebih lagi pada soal matematika yang berbentuk cerita, banyak siswa yang melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita matematika pada materi teorema phytagoras berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Tengah. Pengumpulan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes soal uraian dan dianalisis berdasarkan prosedur Newman. Newman menganalisis kesalahan dengan lima jenis kesalahan (membaca, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban). Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang termasuk kategori cukup tinggi terjadi pada kesalahan memahami (comprehension errors) dan jenis kesalahan dengan kategori kecil terjadi pada kesalahan membaca (reading errors)),kesalahan transformasi (tranformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skill errors), dan kesalahan penulisan jawaban (ecoding errors).
Kata kunci: siswa, kesalahan, soal cerita matematika, prosedur Newman.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI