DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Karakter Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Kahoot di Kelas X SMK ISFI Banjarmasin
PENGARANG:SOPHIA ELMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


MENGEMBANGKAN KARAKTER KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT DI KELAS X SMK ISFI BANJARMASIN (Oleh: Sophia Elma; Pembimbing: Karim, Agni Danaryanti; 2020; 82 halaman)

ABSTRAK

Pada kurikulum 2013, pendidikan tidak hanya berorientasi pada aspek pengetahuan semata, tetapi juga aspek sikap dan keterampilan. Saat ini, aspek pengetahuan cenderung menjadi tujuan utama dari hasil belajar, dan mengabaikan aspek sikap dan keterampilan, yang sebenarnya merupakan unsur utama dalam pendidikan karakter. Hal ini mengakibatkan terciptanya generasi yang memiliki pengetahuan tinggi, namun bermoral rendah. Kerja sama merupakan salah satu nilai dalam pendidikan karakter. Kerja sama diperlukan bagi siswa sebagai bekal dalam menjalin hubungan sosial di masyarakat. Karakter kerja sama dapat ditanamkan dalam diri peserta didik melalui proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Teams Games Tournament (TGT). Untuk mengoptimalkan muncul dan berkembangnya karakter kerja sama siswa, proses pembelajaran disisipi dengan penggunaan aplikasi kahoot, sebagai media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) mengembangkan karakter kerja sama siswa kelas X SMK ISFI Banjarmasin melalui penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa selama diterapkannya  model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot; dan (3) mengetahui hubungan antara karakter kerja sama dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Time Series Design sebanyak enam kali pertemuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK ISFI Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XB Farmasi berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot dalam pembelajaran matematika dapat mengembangkan karakter kerja sama siswa kelas X SMK ISFI Banjarmasin; (2) hasil belajar siswa kelas X SMK ISFI Banjarmasin menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot dapat memperbaiki rata-rata hasil belajar siswa sehingga tergolong dalam kategori baik sampai sangat baik; dan  (3) terdapat hubungan yang kuat dan positif antara karakter kerja sama siswa dengan hasil belajar siswa terhadap model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot. 

 

Kata kunci: karakter kerja sama, hasil belajar, model Teams Games Tournament,    kahoot

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI