DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:WAHYUNI RAMADHANINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Model Discovery Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam implementasi kurikulum 2013 dimana model pembelajaran ini menekankan pada pemahaman konsep dengan menggali pengetahuannya baik secara individual/sendiri maupun dalam sebuah kelompok. Kondisi ini memberikan dorongan yang besar bagi para siswa untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan mampu menghilangkan ketergantungan kepada orang lain sehingga para siswa mampu memenuhi tanggung jawabnya masing-masing dalam proses pembelajaran. Model ini berpotensi mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk  (1) membina karakter rasa ingin tahu siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin melalui penerapan model discovery learning, (2) membina karakter tanggung jawab siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin melalui penerapan model discovery learning, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa  kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin melalui penerapan model discovery learning, dan (4) menganalisis hubungan karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin melalui penerapan model discovery learning. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian time series design sebanyak enam kali pertemuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI MIPA 3 berdasarkan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter tanggung jawab dan rasa ingin tahu siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin, serta terdapat hubungan positif dan kuat antara karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI