DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMP KELAS VIII
PENGARANG:MUNIFAH HAIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Matematika merupakan ilmu yang memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak siswa yang tidak senang dalam belajar matematika salah satunya dikarenakan kurang menariknya media pembelajaran, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menarik yaitu pengembangan modul. Modul yang menarik salah satunya adalah modul berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pengembangan modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP kelas VIII yang dikembangkan (2) mengetahui tingkat kevalidan modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP kelas VIII yang dikembangkan dan (3) mengetahui tingkat keefektifan modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP kelas VIII yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) berdasarkan model dari Plomp. Fase yang dilakukan yaitu fase investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), serta fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi, angket siswa, serta tes. Validasi dilakukan oleh 4 validator. Uji coba dilakukan kepada 6 siswa dengan 2 kemampuan rendah, 2 sedang, dan 2 tinggi. Berdasarkan angket yang diisi validator, dapat disimpulkan modul valid karena diperoleh skor rata-rata yaitu 3,65. Berdasarkan uji coba kelompok kecil, modul dikatakan efektif, karena siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM mencapai 80%, serta respon siswa terhadap modul adalah sangat baik dengan skor rata-rata 90,875%. Berdasarkan hal yang telah diuraikan, maka dengan demikian kriteria kevalidan dan keefektifan modul SPLDV berbasis etnomatematika ini dapat dikatakan tercapai.

 

Kata Kunci: Bahan ajar modul, etnomatematika, sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI