DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 2 Landasan Ulin Timur Ditinjau Dari Status Gizi
PENGARANG:AKHMAD MAYLINOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Akhmad Maylinor, NIM 1610122210006,2019, Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 2 Landasan Ulin Timur Ditinjau Dari Status Gizi. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Faultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univeritas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Mita Erliana, S. Pd, M.Or. (II) Drs. Sofyan, M.Pd.

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 2 Landasan Ulin Timur Ditinjau Dari Status Gizi .

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 2 Landasan Ulin Timur tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah  261 orang peserta didik, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang peserta didik dengan usia 10-12 tahun dari kelas IV, V dan VI yang berjenis kelamin laki-laki.

Hasil penelitian dilapangan bahwa status gizi peserta didik SDN 2 Landasan Ulin Timur berada pada kategori “sangat kurus” 2 peserta didik dengan persentase 8%, “kurus” 3 peserta didik dengan persentase 12%, “normal” 17 peserta didik dengan persentase 68%, “gemuk” 1 peserta didik dengan persentase 4%, “obesitas” 2 peserta didik dengan persentase 8%. Sedangkan hasil penelitian Tes Kebugaran Jasmani Indonesia menunjukan pada SDN 2 Landasan Ulin Timur pada ketegori “Baik” 4 peserta didik dengan persentase 16%, “Sedang” 9 peserta didik dengan persentase 36%, “Kurang” 9 peserta didik dengan persentase 36%, dan “Kurang Sekali” 3 peserta didik dengan persentase 12%.

Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani peserta didik SD Negeri 2 Landasan Ulin Timur ditinjau dari status gizi dengan nilai rata-rata 13.84 dalam klasifikasi “kurang”

 

Kata Kunci    :           Tingkat, Kebugaran Jasmani, Status Gizi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI