DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBUN RAMBUTAN RAKYAT DI KELURAHAN SUNGAI LULUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:M AULIDIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


ABSTRAK

Maulidiyah. 2019.Kebun Rambutan Rakyat di Kelurahan Sungai Lulut Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing IIMahmudah Hasanah, M.Pd.

Manusia memiliki keterkaitan dengan lingkungan hidupnya. Di Kelurahan Sungai Lulut, keterkaitan tersebut dapat dilihat dari pemanfaatan lahan oleh masyarakat sebagai perkebunan rambutan. Pemanfaatan lahan tidak hanya berisi kegiatan masyarakat yang terikat dengan lingkungannya tetapi kegiatan masyarakat tersebut dapat mendukung terjadinya proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS melalui pemanfaatannya sebagai sumber belajar IPS.

Tujuan penelitian:1. Mendeskripsikan kebun rambutan di Kelurahan Sungai Lulut, 2. Mendeskripsikan aktivitas masyarakat yang terjadi pada Kebun rambutan rakyat di Kelurahan Sungai Lulut, 3. Mendeskripsikan integrasi aktivitas masyarakat yang terjadi pada kebun rambutan rakyat di Kelurahan Sungai Lulut sebagai sumber belajar IPS.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian  kebun rambutan rakyat di Sungai Lulut Dalam RT 8. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah petani rambutan, distributor buah rambutan, dan konsumen buah rambutan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik pengujian data melalui triangulasi dan perpanjangan pengamatan.

Hasil penelitian mendeskripsikan : 1. Kebun rambutan di Kelurahan Sungai Lulut merupakan kebun yang sudah ada sejak turun-temurun yang ditanami dan dijadikan sebagai sentra kebun rambutan garuda, 2. Aktivitas masyarakat yang terjadi pada kebun rambutan rakyat di Kelurahan Sungai Lulut adalah aktivitas ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi, 3. Pengintegrasian aktivitas masyarakat di kebun rambutan melalui pemanfaatnya sebagai sumber belajar IPS dirancang dalam bentuk silabus mata pelajaran IPS kelas VII.

Simpulan penelitian adalah bahwa kebun rambutan rakyat di Kelurahan Sungai Lulut dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS melalui pembelajaran yang memanfaatkan aktivitas masyarakat dengan lingkungannya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup.

 

Kata kunci: Kebun Rambutan, Aktivitas Masyarakat, Sumber Belajar IPS

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI