DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS EKONOMI DI PASAR TERAPUNG KUINSEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:DINI YUNIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


ABSTRAK

Dini Yuniarti.2019.Aktivitas Ekonomi di Pasar Terapung Kuin Sebagai Sumber Belajar IPS.Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Bambang Subiyakto M.Hum dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

 

Pasar Terapung Kuin satu diantara budaya lokal masyarakat Banjar di Alalak, Banjarmasin. Ciri khas Pasar Terapung Kuin pedagang dan pengunjung menggunakan jukung untuk mencapai lokasi Pasar Terapung Kuin. Sebagai budaya lokal Pasar Terapung Kuin dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dalam upaya mengembangkan materi dan melakukan inovasi bagi sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini : 1) Mendiskripsikan sejarah Pasar Terapung Kuin, 2) Mendiskripsikan aktivitas ekonomi di Pasar Terapung Kuin, 3) Mendiskripsikan integrasi aktivitas ekonomi di Pasar Terapung Kuin sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian untuk mendiskripsikan aktivitas ekonomi di Pasar Terapung Kuin. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi langsung ketempat penelitian yaitu di Pasar Terapung Kuin Kelurahan Alalak Selatan, Wawancara dengan nara sumber yaitu pedagang, pembeli atau pengunjung Pasar Terapung Kuin, masyarakat Kelurahan Alalak Selatan dan guru mata pelajaran IPS SMP dan dokumentasi yang dilakukan saat observasi. Subjek penelitian ini adalah pedagang, pembeli Pasar Terapung Kuin, masyarakat Alalak Selatan dan guru mata pelajaran IPS. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Uji Keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi sumber, waktu dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pasar Terapung Kuin bermula ketika jalur transportasi darat masih belum berkembang di Banjarmasin sehingga sungai dan perahu menjadi jalur dan alat transportasi utama bagi masyarakat Banjarmasin. Sungai dan perahu kemudian memberikan bentuk perdagangan antar penduduk yang bermukim di pinggiran sungai. 2) Aktivitas ekonomi di Pasar Terapung Kuin yaitu kegiatan produksi dimana barang dagangan diperoleh dari hasil kebun masyarakat desa dan kemudian dijual kembali oleh pedagang Pasar Terapung Kuin. Distribusi barang dagangan memiliki jalur Produsen, pedagang besar (dukuh),pedagang kecil (pembelantik ) dan konsumen. Kegiatan Konsumsi dilakukan oleh para konsumen yang mayoritasnya berasal dari Banjarmasin. Barang dagangan yang diperjualbelikan adalah buah, sayur, kue, makanan, minuman dan cendramata. 3) Aktivitas ekonomi di Pasar Terapung Kuin dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran IPS yaitu sebagai sumber belajar IPS Kelas VII terkait kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi). Aktivitas ekonomi di Pasar Terapung Kuin sebagai sumber belajar IPS bertujuan agar peserta didik memiliki pengalaman belajar yang kontekstual dandiharapkan memiliki pengetahuan tentang budaya lokal dimana dia tinggal sehingga memiliki keterampilan dalam memelihara dan menjaga budaya lokal yang ada.

 

Kata kunci : Aktivitas Ekonomi, Pasar Terapung Kuin, Sumber Belajar, IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI