DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KRITERIA PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA BANJARBARU SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020
PENGARANG:REZZA MEI RINZANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


REZZA MEI RINZANI, NIM.1610122310044, Kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani pada sekolah menengah atas negeri di banjar baru semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. Said Abdillah, M. Pd (II) Dr. Rahmadi, S. Pd, M. Pd.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya sosialisasi dari guru-guru PJOK di Banjarbaru tentang Kurikulum 2013 terkhusus pada proses penilaian yang sesuai . kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani dan level kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani pada proses belajar mengajar berdasarkan kurikulum 2013.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari RPP dan LKPD dari pendidik. Sampel dari penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang bermitra dengan ULM di Kota Banjarbaru yang berjumlah 2 sekolah. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan dalam presentase.

            Hasil penilitian bahwa SMAN 3 Banjarbaru sudah membuat kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani kemudian level kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani untuk SMAN 3 Banjarbaru adalah berturut-turut 86% pada Basic Fundamental, 8% Perceptual Abilities dan 6% Physical Ability yang isinya sesuai dengan kompetensi psikomotor menurut (Harrow), Sedangkan pendidik SMAN 2 Banjarbaru tidak membuat kriteria penilaian sehingga dapat dikatakan belum sesuai dengan kurikulum 2013 karena tidak membuat lembar penilaian.

Kata Kunci    : Pendidikan Jasmani, kurikulum, Pembelajaran, Evaluasi,                                  Penilaian, Kriteria, Psikomotor.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI