DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERMAINAN FUNNY BRICKS TERHADAP KONSENTRASI ANAK ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) DI KELOMPOK BTK AISYIYAH 39 AL-UMMAH BANJARMASIN
PENGARANG:SRI MAULIDAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-28


Kata Kunci : ADHD, konsentrasi, permainan Funny Bricks


ADHD adalah kependekan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan
anak yang memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi dan masalah-masalah lain dalam
perkembangan. ADHD tidak disebabkan oleh kekurangan keterampilan atau pengetahuan,
tetapi merupakan masalah dalam mempertahan kanperhatian, upaya,
danmotivasisertatingkahlakumenahandiridalamsikap yang konsisten sepanjang waktu. Selain
itu juga dapat mengakibatkan masalah perilaku, kognitif, sosial, dan gangguan belajar karena
konsentrasi belajar yang rendah. Jika terus dibiarkan maka anak akan mengalami kesulitan
dalam memenuhi tugas-tugas perkembangan maupun pertumbuhannya
. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetehui pengaruh permainan
funny bricks terhadap konsentrasi anak ADHD.
Penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan bentuk desain AB-A . Desain A-B-A terdapat 3 tahap yaitu: Baseline (A1), Intervensi (B), Baseline (A2).
Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data subjek baik sebelum mendapatkan
intervensi (A1), saat mendapatkan intervensi (B) dan setelah mendapatkan intervensi (A2).
Pada penelitian dengan desain subjek tunggal selalu dilakukan perbandingan antara fase
baseline dengan sekurang-kurangnya satu fase intervensi. Penambahan kondisi baseline yang
kedua (A2) dimaksudkan sebagai kontrol untuk fase intervensi sehingga keyakinan untuk
menarik kesimpulan adanya hubungan fungsional antara variabel bebas dan terikat dapat lebih
kuat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Funny Bricks berpengaruh terhadap
konsentrasi anak ADHD (
Attention Deficit And Hyperactivity Disorder). Hasil penelitian dapat
dilihat pada Baseline 1(A1) mean level 1,31 menit dan tahap intervensi (B) mean level 3,55
menit dan pada tahap Baseline 2 (A2) mean levelnya yaitu 5,33 menit.Sebelum anak belajar
mampu membuat anak berkonsentrasi lebih lama sehingga memberikan dampak positif bagi
anak dalam proses belajarnya.Konsentrasi anak ADHD (
Attention Deficit And Hyperactivity
Disorder)
sebelum menggunakan permainan Funny Bricks rendah yaitu lamanya waktu dia
berkonsentrasi dalam mewarnai gambar transportasi hanya 1,17 menit. Sedangkan sesudah
diberikan permainan Funny Bricks lama waktu konsntrasinya mengalami peningkatan yaitu
6,26 menit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI