DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIVARIASIKAN DENGAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN KERAMAT
PENGARANG:SRI LINGGAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


 

ABSTRAK

 

                                

 

Sri Linggawati, 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah Pada Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Divariasikan Dengan Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SDN Keramat Kabupaten Banjar. Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Organ Peredaran Darah Pada Manusia, Inkuiri Terbimbing Variasi Picture And Picture.

 

            Hasil belajar IPA pada materi Organ Peredaran Darah Pada Manusia di kelas V SDN Keramat Kab. Banjar masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran tidak melibatkan siswa secara langsung, sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi Organ Peredaran Darah Pada Manusia. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Keramat Kab. Banjar maka dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuri Terbimbing divariasikan Picture and Picture yang dapat melibatkan siswa secara langsung dan memberikan pengalaman langsung dalam pembelajaran guna mempermudah pemahaman pembelajaran IPA pada materi Organ Peredaran Darah Pada Manusia. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar, serta meningkatkan aktivitas siswa dan guru.

 

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas dua pertemuan disetiap siklusnya. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Keramat Kab. Banjar tahun pejaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa hasil evaluasi belajar siswa dan untuk data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilan, guru dianggap berhasil jika mencapai skor 81-100 (sangat baik), aktivitas siswa dikatakan berhasil jika mencapai skor 81-100 (sangat aktif) serta dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥81% (hampir seluruhnya aktif), hasil belajar siswa dianggap tuntas apabila mencapai nilai ≥70 serta dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥81% siswa mencapai nilai ≥70 (hampir seluruhnya tuntas).

 

            Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing divariasikan dengan Picture and Picture  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi  Organ Peredaran Darah Pada Manusia di SDN Keramat Kab. Banjar. Hal ini terlihat dari aktivitas guru telah mencapai kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa telah mencapai kriteria “hampir seluruhnya aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai kriteria “hampir seluruhnya tuntas”.

            Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dan diharapkan bagi guru dapat menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing divariasikan dengan Picture and Picture  dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sebagai upaya perbaikan dan peningkatan mutu maupun kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI