DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Produksi ketupat Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:LUFITA DELIMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-24


ABSTRAK

Lufita Delima. 2019. Produksi Ketupat di Masyarakat Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin Sebagai Sumber belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dosen Pembimbing I Dr.Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II Mahmudah Hasanah M.Pd

 

Latar belakang penelitian ini yaitu mengetahui kegiatan produksi Ketupat  mulai dari distribusi, konsumsi dan produksi ketupat yang ada di Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin untuk dijadikan sebagai desain pembelajaran IPS yang diintegrasikan pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan ekonomi yang dihasilkan pada masyarakat Kampung Ketupat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPS namun nyatanya masih belum terlaksana dikarenakan masih banyak guru yang belum peka dengan sumber-sumber belajar yang dapat dimanfaatkan yang berbasis lingkungan. Dengan adanya sumber belajar berbasis lingkungan dapat memudahkan guru bahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Tujuan penelitian ini membuat skripsi ini untuk mengetahui gambaran umum Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin, untuk mengetahui bagaimana kegiatan produksi ketupat di Masyarakat Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin, dan untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan produksi ketupat di masyarakat Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin sebagai sumber belajar IPS

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian berada di Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin (Kampung Ketupat). Subjek pada penelitian ini adalah pedagang ketupat serta masyarakat yang bersangkutan dalam penelitian ini. Cara yang dilalui untuk menemukan data melalui wawancara dan observasi ke lapangan.

Penelitian ini berhasil mengetahui bagaimana gambaran umum Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin, kegiatan proses produksi ketupat selain itu mengetahui bagaimana kegiatan produksi ketupat di masyarakat Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin dan menjadikan kegiatan ekonomi khususnya produksi ketupat tersebut sebagai sumber belajar IPS. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) gambaran umum Proses produksi ketupat masyarakat di Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin. (2) Pengintegrasian kegiatan produksi ketupat di masyarakat Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin melalui kegiatan ekonomi sebagai sumber belajar IPS yang dirancang dalam wujud Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Simpulan penelitian: kegiatan produksi ketupat di masyarakat Kelurahan Sungai Baru Banjarmasin dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS

 

 

Kata kunci: Produksi, masyarakat kelurahan Sungai Baru Banjarmasin, Sumber Belajar,Ips,


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI