DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN USAHA HO DAN DOMISILI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:RINA OKTAVIANI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-26


Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 97 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan pelayanan perizinan terpadu satu pintu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan  Terpadu Satu Pintu ditindaklanjuti dikeluarkannya Peraturan Bupati Barito Timur Nomor 23 Tahun 2016  bahwa Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Barito Timur menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP), terutama dalam hal perijinan HO dan Domisili.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara kuantitatif Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan DPMPTSP dengan menggunakan  unsur-unsur pelayanan (Permenpan-RB Nomor 16 Tahun 2014), yang meliputi:        1. Kesesuaian persyaratan, 2. Prosedur pelayanan, 3. Ketepatan waktu pelayanan, 4. Kewajaran biaya, 5. Hasil dari pelayanan, 6. Kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan, 7. Kesopanan dan keramahan petugas, 8. Pelaksanaan Maklumat Pelayanan/Janji Layanan, 9. Tindak lanjut pengaduan yang dilaksanakan oleh unit pelayanan.

Dengan Metode Kuantitatif Deskriptif, dengan menjadikan sampel melalui perhitungan : 9 unsur + 1 x 10 = 100 responden, dengan membagi sampel (responden) pada tiap kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Timur.

Penelitian ini menghasilkan persepsi kualitas pelayanan pada pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintuyang dipersepsikan Baik oleh masyarakat penggunanya yaitu berkisar di antara 62,51-81,25. Nilai IKM yang diperoleh yaitu : pada 9 unsur pelayanan = 79,69. Dimana Unsur pelayanan yang dianggap paling memuaskan oleh responden adalah Perilaku Pelaksanaatau sikap petugas dalam memberikan pelayanan (NRR 3,47), Persyaratan Pelayanan (NRR 3,36), Maklumat Pelayanan (NRR 3,31)dan Biaya/Tarif (NRR 3,27). Sedangkan yang dianggap kurang memuaskan namun masih berkategori Baik adalah unsur Waktu Pelayanan dan Prosedur Pelayanan (NRR2,90 dan 2,92), sedangkan yang lainnya Kompetensi Pelaksana (NRR  3,12), Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan (NRR 3,14), dan Produk Spesifikasi Pelayanan (NRR 3,20).

 Untuk itu perlu upaya untuk meningkatkan kemudahan masyarakatmelalui sistem online, baik pendaftaran maupun keluhan. Kemudian dibuatkan SOP yang jelas melalui banner, pamflet dan papan pengumuman di tempat layanan.

 

Kata Kunci : Pelayanan, IndeksKepuasan Masyarakat,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI