DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING (CRBL) MATERI FLUIDA STATIK UNTUK MELATIHKAN KREATIVITAS ILMIAH DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK
PENGARANG:MUHAMMAD FEYZAR RIF`AT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-24


Kreativitas ilmiah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki untuk memecahkan masalah dan menghasilkan produk kreatif yang bermanfaat. Tetapi kreativitas ilmiah di MAN 2 Model Banjarmasin belum terlatihkan. Peran tanggung jawab juga dibutuhkan untuk memaksimalkan kreativitas. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan kreativitas ilmiah dan tanggung jawab peserta didik. Adapun perangkat yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Lembar Penilaian (LP) kreativitas ilmiah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test pada 27 peserta didik kelas XI MIPA 2 MAN  2 Model Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen validasi perangkat CRBL, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes kreativitas ilmiah, dan lembar pengamatan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan:  (1) Perangkat model CRBL termasuk valid karena RPP, materi ajar, LKPD, dan LP kreativitas ilmiah dalam kategori valid; (2) Perangkat model CRBL termasuk praktis; (3) Perangkat model CRBL termasuk efektif karena N-gain kretivitas ilmiah, yaitu 0,34 dalam kriteria sedang dan hasil penilaian tanggung jawab peserta didik sebesar 75,70 dalam kriteria baik.  Perangkat model CRBL yang dikembangkan adalah layak untuk melatihkan kreativitas ilmiah dan tanggung jawab peserta didik. 

Kata kunci:    Kreativitas ilmiah, model CRBL, dan tanggung jawab

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI