DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT TOPIK TATA SURYA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA JENJANG SMP
PENGARANG:LUSIA BETI SUMARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-24


ABSTRAK

 

Sumarni, Lusia Beti, 2019.  Pengembangan Bahan Ajar Handout Topik Tata Surya Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Siswa Jenjang SMP. Tesis. Program Studi Keguruan IPA.  Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.  Pembimbing: (1)  Dr. Ir.Badruzsaufari, M.Sc,  (2) Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd.

 

Kata kunci:  bahan ajarhandout, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar siswa

 

Kemampuan  dalam memecahkan masalah yang masih rendah mengakibatkan hasil belajar peserta didik juga menjadi rendah.  Motivasi peserta didik untuk memperoleh bahan ajar masih sangat rendah dan buku utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang menarik sehingga tidak mendorong peserta didik untuk belajar menjadi aktif dan kritis dalam berpikir.  Berdasarkan hal tersebut, diperlukan bahan ajar handout berbasis keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian adalah (1) mengevaluasi validitas bahan ajarhandout; (2) mengevaluasi kepraktisan bahan ajarhandout; dan (3) mengevaluasi keefektifan bahan ajarhandout. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model evaluasi formatif Tessmer.  Subjek penelitian adalah tiga orang pakar, dan siswa kelas VII  SMPN 4 karang Intan pada uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar.  Data yang diperoleh melalui penelitian adalah data keefektifan harapan dan keefektifan aktual dari hasil belajar peserta didik meliputi hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis, sikap berkarakter siswa, sikap sosial siswa dan respon siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar  berbasis keterampilan berpikir kritis dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena telah memenuhi kriteria (1) valid berdasarkan lima aspek penilaian yaitu aspek desain dengan persentase 66,67%, aspek media dengan rata-rata 80 %, aspek materi dengan rata-rata 65%, aspek kebahasaandengan rata-rata 85,71%  dan aspek penyajian dengan rata-rata 75%(2) praktis berdasarkan keterlaksanaan bahan ajar handout  dengan rata-rata 87,20%(3)  efektif berdasarkan pada aspek hasil belajar kognitif ketuntasan klasikal dengan rata-rata 79,16%, keterampilan berpikir kritis siswa dengan rata-rata 50%, sikap berkarakter jujur siswa dengan rata-rata 75% dan sikap berkarakter kreatif siswa dengan rata-rata 54,16%, sikap sosial kerjasama dan memberi pendapat siswa dengan rata-rata 58,33% dan  respon siswa dengan rata-rata 85,69%.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI