DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) DENGAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) UNTUK MENILAI KINERJA KELOMPOK TANI
PENGARANG:MUHAMMAD IKHSAN FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-24


ABSTRAK

 

IMPLEMENTASI FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) DENGAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) UNTUK MENILAI KINERJA KELOMPOK TANI (Oleh:Muhammad Ikhsan Fauzi ; Pembimbing: Andi Farmadi, S.Si., M.T dan Oni Soesanto, S.Si., M.Si ; 2019; 63 halaman)

 

Kelompok tani merupakan organisasi yang tidak bisa terpisahkan dalam pencapaian sukses pembangunan pertanian. Sebagian besar kegiatan kelas kelompok tani tidak sesuai bila diukur dengan skor penilaian dan tidak sesuai dengan status kelas kemampuan kelompok. Salah satu cara untuk mengetahui perkembangan kelompok tani adalah melakukan penilaian kemampuan kelompok tani. Adapun metode yang bisa di gunakan untuk mengetahui kinerja dari kelompok tani adalah metode FAHP dan DEA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja kelompok tani dengan menggunakan fuzzy AHP pada Data Envelopment Analysis (DEA) yang diterapkan kepada kelompok tani wilayah Banjarbaru dan Landasan Ulin. FAHP dan DEA digunakan untuk mengkaji kriteria penting dalam menilai kinerja kelompok tani dari penilaian kemampuan kelompok tani dan memberikan informasi mengenai peringkat kelompok tani dalam evaluasi kinerjanya. Penilaian kemampuan kelompok tani ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi. Dimana masing-masing bagian memiliki aspek, kriteria, dan subkriterianya tersendiri. Kriteria-kriteria tersebut didapat dari Pedoman Penilaian Kemampuan Kelompok Tani Tahun 2011 oleh Pusat Penyuluh Pertanian Jakarta. FAHP digunakan untuk pembobotan dalam perhitungan efisiensi pada DEA. Metode perhitungan dalam FAHP adalah metode  chang untuk pembobotan kriteria dan DEA menggunakan model CCR untuk perhitungan efisiensi. Informasi peringkat diperoleh dari nilai efisiensi setiap kelompok tani yang diteliti. Kelompok tani yang menduduki peringkat pertama dalam kelas belajar adalah kelompok tani Istiqomah dengan efisiensi relatif sebesar 0.6156 atau 61,56%. Kelompok tani Melati menduduki peringkat pertama yaitu 0.7915 atau 79,15% dalam wahana kerjasama dan kelompok tani Kur Berkat Cangkal (GM) menduduki peringkat pertama yaitu 0.5492 atau 54,92% efisiensi relative yang di hasilkan untuk unit produksi.

 

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Kelompok Tani, , Fuzzy AHP, Chang, Data Envelopment Analysis (DEA),Model CCR

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI