DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Ketimpangan Pembangunan Ekonomi di Regional Kalimantan
PENGARANG:MUTIA MADINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-24


Penelitian ini dilakukan untuk (1) Mengetahui perkembangan ekonomi provinsi dari tahun 2011 hingga 2018; (2)  Menganalisis pengaruh regional share terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi. (3) Menganalisis pengaruh proportional shift terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi. (4) Menganalisis pengaruh competitive shift terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dari kabupaten/kota pada lima provinsi di Kalimantan pada tahun 2011-2018. Teknik analisis data yang digunakan yaitu untuk analisis deskriptif menggunakan teknik Tipologi Klassen dan untuk analisis kuntitatif menggunakan analisis regresi data panel dengan random effect model.

Hasil penelitian ini berdasarkan teknik tipologi klassen yaitu tidak semua provinsi mengalami pertumbuhan yang positif setiap tahunnya. Berdasarkan analisis regresi data panel yaitu regional share tidak berpengaruh signifikan  terhadap ketimpangan pembangunan  pada lima provinsi di Kalimantan, proportional shift berpengaruh signifikan  terhadap ketimpangan pembangunan  pada lima provinsi di Kalimantan, dan competitive shift tidak berpengaruh signifikan  terhadap ketimpangan pembangunan  pada lima provinsi di Kalimantan.

Kata Kunci: Ketimpangan Pembangunan Ekonomi, Tipologi Klassen, Regional    

                    Share, Proportional Shift, Competitive Shift 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI