DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FENOMENA WARUNG JABLAY (WARUNG REMANG-REMANG) PERSFEKTIF PENDIDIKAN MORAL DI DESA TELUK KEPAYANG KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:YUSMANIDAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-24


ABSTRAK

Yusmanidar, 2019. Fenomena Warung Jablay Persfektif Pendidikan Moral. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. AcepSupriadi, M.Pd., M.A.P.(II) Suroto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Warung Jablay, Pendidikan Moral.

Warung jablay merupakan suatu bangunan bebentuk kaki lima yang didalam warungnya terdapat snack- snack dan minuman berupa kopi, teh dll. Di dalam warung juga terdapat wanita yang pandai menarik perhatian. Tempat ini juga terdapat pemilik, karyawan dan pelanggan. 

Banyaknya permasalahan yang mendorong seseorang untuk bekerja, membuat mereka harus memenuhi kebutuhan, lapangan pekerjaan dan gaya hidup. Dengan adanya warung ini menjadikan sebuah hiburan bagi masyarakat yang kelelahan dalam bekerja maupun mengisi waktu luang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Faktor-faktor yang melatar belakangi kemunculan warung jablay di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. 2). Kontrol sosial yang dilakukan oleh masyarakat setempat di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. 3). Peran aparat dan tokoh masyarakat dalam memberikan motivasi atau arahan terhadap nilai-nilai moral yang harus ditanamkan kepada wanita pekerja malam (Jablay) di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dipilih secara Purposive Sampling, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran aparat setempat, polisi dan sapol PP terhadap adanya warung jablay yang harus dijaga ketertibannya. Peran aparat adalah melihat keadaan lingkungan di Desa Teluk Kepayang agar masyarakat pemuda maupun orang lebih tua tidak melenceng dari hukum dan agama. Seperti adanya meminum obat terlarang harus di beri efek jera kepada mereka yang prilakunya kurang baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan peran aparat lebih di tegaskan lagi dalam membuat peraturan di Desa Teluk Kepayang. Pemerintah harus membuka lapangan pekerjaan buat mereka dengan gajih yang mampu menompang kubutuhannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI