DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI SIFAT BAHAN SERTA KEGUNAANNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DAN JIGSAW DI KELAS IV SDN KELILING BENTENG ULU 1 KECAMATAN MARTAPURA BARAT
PENGARANG:JAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-26


 

ABSTRAK

 

 

 

Jamilah. 2018.Meningkatkan Aktivitas Siswa Materi Sifat Bahan serta Kegunaannya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Artikulasi dan Jigsaw di Kelas IV SDN Keliling Benteng Ulu 1 Kecamatan Martapura Barat.Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D

 

 

 

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Artikulasi dan Jigsaw, Sifat Bahan serta Keguaannya, Aktifitas dan Hasil Belajar.

 

 

 

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN Keliling Benteng Ulu 1  Kabupaten Banjar khususnya pada materi Sifat Bahan dan Kegunaannya  masih rendah. Siswa cenderung pasif, dari kurangnya perhatian siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, kurang aktif dalam melaksanakan tugas yang diberikan, dan tidak mau bertanya tentang suatu materi yang belum dipahaminya sehingga pembelajaran kurang bermakna dan cenderung menyebabkan kebosanan bagi siswa, Dapat dilihat dari jumlah siswa 26 orang hanya 42,30%, yaitu 11 dari 26 siswa saja yang mendapatkan hasil belajar sesuai dengan KKM sekolah dan rata-rata nilai siswa hanya 61, untuk itu  digunakan model Pembelajaran Artikulasi dan Jigsaw, dengan tujuan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada konsep sifat bahan dan kegunaannya di kelas IV SDN Keliling Benteng Ulu 1 Kabupaten Banjar.

 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua 2 kali pertemuan. Adapun setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Keliling Benteng Ulu 1 tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data kuantitatif diperoleh melalui  evaluasi tertulis secara individu maupun kelompok, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Artikulasi dan Jigsaw  meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Keliling Benteng Ulu 1 pada mata pelajaran IPA materi sifat bahan serta kegunaannya. Pada siklus I mencapai 49,42 % dikategorikan cukup aktif pada siklus II mencapai 80,35 % dikategorikan sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa tersebut diikuti dengan hasil belajar siswa yang juga meningkat pada akhir siklus I ketuntasan klasikal mencapai 75 %  dan meningkat pada akhir siklus II mencapai 90 % anak yang mendapatkan nilai ≥65.

 

Berdasarkan simpulan hasil penelitian, dapat disarankan kepada guru agar menerapkan Pembelajaran Artikulasi dan Jigsaw sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI