DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KONSEP STRUKTUR DAN FUNSI DAUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DIKOMBINASI DENGAN MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA KELAS IV SD ISLAM ARRIYADH KECAMATAN SAMBUNG MAKMUR KAB. BANJAR
PENGARANG:MAISUNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-24


Kata Kunci: Hasil belajar, model pembelajaran Tipe Jigsaw di kombinasi dengan kepala bernomor, struktur dan fungsi daun.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pada kegiatan pembelajaran siswa secara keseluruhan menerima konsep yang diajrkan oleh guru tapa mencoba mencerna dan memahami maknanya , tidak ada kegiatan kelompok ataupun kuis yang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran hal ini diakibatkan pada siswakesulitan dalam memahami pembelajaran dan berdampak pada hasil nilai siswa yang berada di bawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Untuk mengatasi hal tersebut guru emcoba menerapkan metode pembelajaran tipe Jigsaw dikombinasi dengan kepala bernomor struktur dengan iswa kelihatan lebih aktif dalam swasana pembelajaran penelitian ini digunakan untuk mengetahui aktivitas guru,aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Arryyadh Sambung makmur, Banjar.Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas dengan menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan 2 Siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertmuan .Setting penelitian adalah Kelas IV SD Islam Arriyadh sambung makmur banjar tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 21 orang siswa. Data kwalitatif di peroleh dari instrumn penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dengan indikator kriteria Sangat dan aktivitas siswa dengan indikator 85,7%(Sangat aktif) Data kwantitatif di peroleh melalui Hasil tes Akhir menggunakan soal tertulis secara individu dan klasikal. Analisis ini dihitung berdasarkan persentase dan indikator ketuntasan belajar individual dan klasikal. Analisis data dihitdilaksanakan pada siswa kelas IV SD Islam Arriung berdasarkan persentase indikator ketuntasan individual mencapai ≥70 dan klasikal85% dari siswa mencapai ketuntasan individual.dari hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran tipe Jigsaw dikombinasi dengan kepala bernomor Struk dengan media daun dengan materi Struktur dan fungsi daun pada aktivitas guru dapat dikatakan berhasil dengan kategori sangat baik ,pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengat ktriteria sangat Aktif danketuntasan secara individual dinyatakan berhasil secara klasikal juga dinyatakn berhasil.Kami sangat mengharapkan kepada guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu dan mencapai hasil yang lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI