DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS BIAYA KONSTRUKSI ALTERNATIF SISTEM PERBAIKAN DAYA DUKUNG TANAH (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN JALAN KHUSUS ANGKUTAN BATUBARA KABUPATEN TAPIN)
PENGARANG:AMINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-27


 

 

Perbaikan tanah adalah upaya-upaya yang dilakukan terhadap tanah yang memiliki karakteristik teknis yang bermutu rendah menjadi material yang layak digunakan sebagai material konstruksi. Dalam pembangunan perkerasan jalan, perbaikan tanah diidentifikasi sebagai material lokal yang ada. Dalam perancangan perkerasan jalan kualitas setiap lapisan perkerasan jalan harus mampu menahan gesekan dan lendutan. Jika material tanah dilakukan perbaikan, maka kualitasnya menjadi bertambah, sehingga dapat mereduksi tebal lapisan perkerasan yang dibutuhkan. Alternatif sistem perbaikan daya dukung tanah pada pembangunan jalan khusus angkutan batubara Lok Buntar Tapin yaitu menggunakan Preloading, Preloading dikombinasi Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan  Preloading dikombinasi denganCerucuk Galam.

 

Pengumpulan data sekunder didapat dari instansi-instansi terkait dalam penelitian dan studi literatur. Analisis data menggunakan metode preloading, PVD, dan cerucuk galam. Preloading merupakan suatu metode perbaikan tanah dengan cara menempatkan timbunan pada lokasi yang akan dilakukan perbaikan, dengan berat beban sekurang-kurangnya sama dengan struktur (beban permanen) dimasa yang akan datang. PVD adalah sistem drainase buatan yang dipasang vertical di dalam lapisan tanah lunak. Cerucuk galam adalah susunan tiang kayu dengan diameter antara 8 dan 15 cm yang dimasukkan atau ditancapkan secara vertical ke dalam tanah.

 

Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari masing-masing metode. Metode preloading tinggi timbunan agar mencapai tinggi akhir 1 meter maka diperlukan tinggi timbunan awal 3,4 meter. Jika diadakan preloading dengan tanah, maka butuh wakt 18 bulan agar tinggi timbunan rencana bisa mencapai 3,4 meter. Biaya preloading sebesar Rp 16.574.914.000. Jika menggunakan PVD dengan jarak 1 meter dan pola pemasangan segiempat, waktu yang diperlukan untuk mencapai derajat konsolidasi sebesar 90% adalah selama 3 bulan. Setelah 3 bulan bisa langsung ditimbun sampai ketinggian 3,4 meter. Biaya PVD sebesar Rp 22.762.001.000. Jika menggunakan cerucuk galam dengan panjang 4 meter diameter 10 cm dan jarak 1 meter, maka bisa langsung ditimbun 3,4 meter. Biaya cerucuk galam sebesar Rp 17.721.897.000.

 

Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan dalam aternatif  perbaikan daya dukung tanah dan efisiensi biaya konstruksi pada pembangunan jalan khusus angkutan batubara.

 

Kata Kunci: Biaya, Konstruksi, Perbaikan, Tanah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI