DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL (
PENGARANG:ADNAN MAHADIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-27


ABSTRAKSI

Adnan Mahadian, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Studi Empiris pada Satuan Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama di Kota Banjarmasin)

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Variabel independen pada penelitian ini yaitu kualitas sumber daya manusia, sistem pengendalian internal, ketersediaan sarana dan prasarana dan komitmen organisasi dengan efektivitas penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual sebagai variabel dependen pada satuan kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama di Kota Banjarmasin.

 Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah satuan kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama di Kota Banjarmasin, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis yang digunakan  adalah regresi berganda. Alat analisis menggunakan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama kualitas sumber daya manusia, sistem pengendalian internal, ketersediaan sarana dan prasarana dan komitmen organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap efektivitas penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Secara parsial Kualitas Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal dan Sarana dan Prasarana berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada satuan kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama di Kota Banjarmasin

 

Kata Kunci: Kualitas Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal, Ketersediaan Sarana Dan Prasarana, Komitmen Organisasi dan Efektivitas Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI