DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi PMK No. 96 tahun 2009 tahun 2009 terhadap depresiasi aset tetap pada kopkar Pangan Jaya Abadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
PENGARANG:MUHAMMAD IRVAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-27


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperbaiki kesalahan kopkar Pangan Jaya Abadi yang belum sesuai dengan PMK No. 96 tahun 2009 tahun 2009 pada pelaporan SPT tahunan dalam daftar penysutan dan amortisasi fiskal untuk pelaporan SPT tahun selanjutnya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kuantitatif dengan menganalisis daftar aset tetap dan amortisasi fiskal pada laporan SPT tahunan. Alat yang digunakan merupakan data-data dokumen pelaporan SPT tahunan dalam daftar penysutan dan amortisasi fiskal aset tetap pada kopkar Pangan Jaya Abadi.

Berdasarkan hasil analisis daftar penyusutan dan amortisasi fiskal aset tetap pada pelaporan SPT tahunan pada kopkar Pangan Jaya Abadi masih belum melakukan sesuai dengan PMK No. 96. Kesalahan pelaporan SPT tahunan ditemukan adanya aset yang belum sesuai dengan kelompok aset tetap beserta nilai guna yang dilaporkan oleh kopkar Pangan Jaya Abadi. Pada saat pelaporan SPT tahunan yang dilakukan oleh kopkar ada beberapa aset tetap yang sudah habis nilai guna, tetapi apabila menggunakan PMK No. 96 tahun 2009 tahun 2009 aset tersebut masih ada nilai manfaatnya. Proses pelaporan SPT tahunan tersebut masih ditemukan kelemahan karena belum ditingkatkanya pemahaman dalam ilmu perpajakan khususnya bagi karyawan atau pengelola aset yang ada di kopkar Pangan Jaya Abadi.

 

Kata Kunci: penyusutan, aset tetap, dan pelaporan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI