DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SISTEM DAN PROSEDUR PENERIMAAN AKUTANSI PADA PERUSAHAAN EKSPEDISI LINTAS JAWA
PENGARANG:ARIF HERIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-28


 

SISTEM DAN PROSEDUR PENERIMAAN AKUTANSI PADA PERUSAHAAN EKSPEDISI LINTAS JAWA

ARIF HERIANTO

(UniversitasLambungMangkurat)

 

ABSTRAK

 

 

 

 

Salah satu prosedur dalam akuntansi adalah penerimaan dan pengeluaran kas untuk membuat laporan keuangan valid dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan  kepada pemilik perusahaan. Laporan keuangan sangat mempengaruhi maju mundurnya  perusahaan.

Dari hasil pengamatan dan observasi “Perusahaan Ekspedisi Lintas Jawa Banjarmasin.”Melayani jasa ekspedisi pengiriman barang keseluruh Indonesia.Dalam proses operasional pengiriman barang menggunakan prosedur penerimaan tunai dan piutang, masih manual, pengendalian intren belum memadai, dikhawatirkan data keuangan dimanipulasi sehingga penyajiannya tidak akurat. Seharusnya Perusahaan memiliki pengendalian di dalam lingkungan perusahaan dan sistem informasi yang memadai.Dengan adanya sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas yang handal dan memadai secara konsisten dalam suatu perusahaan diharapkan dapat menunjang kelancaran operasi perusahaan.

 Implementasiprosedur penerimaan kas tunai dan piutang sebagai berikut (1) Pelanggan,(2) bagian menerima barang (3) kasir membuat Kuitansi barang,(4) mendistribusikan Kuitansi barang (5) bagian Keuangan menerima kuitansi barang dari bagian pengiriman,,mencatat penerimaan kas ke dalam jurnlan penerimaan kas(6) mengarsipkan bukti setor Bank (7) bagian Gudang menerima kuitansi dari bagian pengiriman sebagai otorisasi penyiapan barang menyerahkan barang dan kuitansi ke bagian pengiriman (8) dokumen yang digunakan bukti setor Bank sebagai bukti penyetoran kas yang diterima dari piutang Bank.

Kata kunci ; Prosedur, penerimaan tunai, penerimaan piutang,

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI