DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PELAYANAN KESEHATAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS MABUUN KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG | |
PENGARANG | : | NI MADE MUSIYANI ANJASMARI S.AP | |
PENERBIT | : | - | |
TANGGAL | : | 2018-01-26 |
Kata Kunci : Pelayanan, Pasien, Rawat Jalan, BPJS
Pelayanan puskesmas Mabu’un adalah bagian ujung tombak pelayanan kesehatan sebagai usaha mendorong masyarakat menjadi sehat di daerah Tabalong. Salah satu cara mewujudkan kesehatan bagi masyarakat oleh pemerintah didirikanlah BPJS melalui UU Nomor 24 Tahun 2011. Namun pelayanan pasien masih berdasarkan domisili. Persoalan kepesertaan BPJS yang berhubungan dengan mobilitas kependudukan
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara kualitatif Pelayanan Kesehatan BPJS Pada Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kota Tanjung dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelayanan Kesehatan BPJS Pada Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kota Tanjung.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan kesehatan pasien rawat jalanBPJSdi Puskesmas Mabu’un Tabalongdikatakansudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari petugas (dokter, perawat, apotiker/ depo obat) yang sudah baik dilihat dari indikator sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan dan tanggungjawabnya. Faktor Pendukung : a) Tenaga Kesehatan yang baik, b) FasilitasRuangan yang baik. Faktor Penghambat : a) Kurang Depo Obat b) Peralatan dan perlengkapan penyakit dalam masih kurang .
Dalam rangka unutk meningkatkan Pelayanan Kesehatan BPJS Pada Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kota Tanjung yang lebih baik, maka disarankan untuk meningkatkan koordinasi BPJS dengan Puskesmas untuk menyediakan depo khusus pelayanan obat bagi pasien BPJS. Melengkapi peralatan seperti alat periksa mata, gigi dan perlengkapan periksa penyakit dalam
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI