DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN KESEHATAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS MABUUN KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:NI MADE MUSIYANI ANJASMARI S.AP
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-26


Kata Kunci : Pelayanan, Pasien, Rawat Jalan, BPJS

 

Pelayanan puskesmas Mabu’un adalah bagian ujung tombak pelayanan kesehatan sebagai usaha mendorong masyarakat menjadi sehat di daerah Tabalong. Salah satu cara mewujudkan kesehatan bagi masyarakat oleh pemerintah didirikanlah BPJS melalui UU Nomor 24 Tahun 2011. Namun pelayanan pasien masih berdasarkan domisili. Persoalan kepesertaan BPJS yang berhubungan dengan  mobilitas kependudukan

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara kualitatif Pelayanan Kesehatan  BPJS  Pada  Pasien Rawat Jalan di  Puskesmas Mabuun  Kecamatan Murung Pudak  Kota Tanjung dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelayanan Kesehatan  BPJS  Pada  Pasien Rawat Jalan di  Puskesmas  Mabuun  Kecamatan Murung Pudak  Kota Tanjung.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan kesehatan pasien rawat jalanBPJSdi Puskesmas Mabu’un  Tabalongdikatakansudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari petugas (dokter, perawat, apotiker/ depo obat) yang sudah baik dilihat dari indikator  sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan dan tanggungjawabnya. Faktor Pendukung : a) Tenaga Kesehatan yang baik,  b)  FasilitasRuangan yang baik. Faktor Penghambat : a) Kurang Depo Obat  b) Peralatan dan perlengkapan penyakit dalam masih kurang .

 

Dalam rangka unutk meningkatkan Pelayanan Kesehatan  BPJS  Pada  Pasien Rawat Jalan di  Puskesmas Mabuun  Kecamatan Murung Pudak  Kota Tanjung yang lebih baik, maka disarankan untuk meningkatkan koordinasi BPJS dengan Puskesmas untuk menyediakan depo khusus pelayanan obat bagi pasien BPJS. Melengkapi peralatan seperti alat periksa mata, gigi dan perlengkapan periksa penyakit dalam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI