DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Industri Kain Sasirangan di Banjarmasin: Menuju Pengolahan dan Pengelolaan Ramah Lingkungan
PENGARANG:HAIRIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-28


Hairiyah (2020). Industri Kain Sasirangan Di Banjarmasin:Menuju Pengolahan dan Pengelolaan Ramah Lingkungan. Pembimbing I: Muhammad Hudaya, SE., MM., Ph.D.,CSRA. Pembimbing II: Dr. Wahyudin Nor, SE.,M.Si., Ak.,CA.,CSRA

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik pengolahan limbah cair sasirangan di Banjarmasin dan menganalisisregulasi dan mekanisme pengelolaan limbah cair sasirangan di Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada pengrajin sasirangan di wilayah seberang mesjid dan sungai jingah.

Hasil penelitian adalah Kesadaran pengrajin sasirangan terhadap penanganan limbah masih rendah, sehingga masih banyak pengrajin yang membuang limbah sasirangan ke sungai martapura atau di bawah kolong rumah produksi mereka; Pemerintah kota Banjarmasin sudah menginisiasi berdirinya rumah pengolahan limbah tetapi design tidak terintegrasi dengan rumah produksi;  Rumah pengolahan limbah yang didirikan oleh pemerintah kota Banjarmasin letaknya tidak strategis, jauh dari sentra produksi sasirangan. Hal ini berakibat tidak banyak pengrajin yang memanfaatkan rumah pengolahan limbah tersebut; Pemerintah kota Banjarmasin memiliki regulasi yang mengatur limbah cair tetapi implementasinya masih banyak pengrajin yang membilas hasil produksinya dan membuang limbahnya ke bawah kolong rumah produksi mereka. Pengrajin beranggapan ukuran industri mereka masih dalam industri rumah tangga.

 

Kata Kunci: Pengrajin sasirangan, Pengolahan limbah sasirangan, pengelolaan            limbah sasirangan, Sustainability Accounting.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI