DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRINING FITOKIMIA DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SINTOK (Cinnamomum sintoc Blume.) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus, Escherichia coli DAN Pseudomonas aeruginosa
PENGARANG:MUHAMMAD SEMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-28


ABSTRAK

 

SKRINING FITOKIMIA DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SINTOK (Cinnamomum sintoc Blume.) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus, Eschericia coli DAN Pseudomonas aeruginosa (Oleh Muhammad Seman; Pembimbing: Dr. Sutomo; 2020; 36 halaman)

 

Telah dilakukan uji antibakteri ekstrak etanol pada daun Cinnamomum sintoc Blume. Bakteri uji yang digunakan yaitu Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa yangmerupakan bakteri patogen penyebab infeksi pada manusia. Tujuan penelitian ini untuk melakukan skrining fitokimia dan uji aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun C. sintoc Blume terhadap penghambatan pertumbuhan bakteri S. aureus, E. coli, dan P. aeruginosa berdasarkan nilai diameter zona hambat. Ekstraksi daun C. sintoc Blume dimaserasi menggunakan pelarut etanol. Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi dengan konsentrasi 80 ppm, 100 ppm,120 ppm, kontrol positif siprofloksasin 20 ppm dan kontrol negatif Na-CMC 0,5%. Skrining fitokimia ekstrak etanol daun C. sintoc Blume mengandung senyawa golongan fenolik, saponin, tanin, terpenoid dan flavonoid. Hasil uji antibakteri menunjukan bahwa zona hambat paling besar pada bakteri E. coli dengan nilai diameter zona hambat 9,66 ± 4,16 pada 120 ppm, pada bakteri S. aureus  memiliki nilai zona hambat 5,66 ± 0,57 pada konsentrasi 120 ppm, sedangkan pada bakteri P. aeruginosa tidak memiliki zona hambat. Hasil analisis uji statistik bakteri E. coli dan S. aureus  menunjukkan signifikansi nilai diameter zona hambat dari 80 ppm dengan nilai sig dari <0,05 yang artinya berbeda signifikan dengan kontrol positif.

 

Kata Kunci : Cinnamomum sintoc Blume, daun sintoc, ekstrak etanol, antibakteri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI