DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SUHU DAN KALOR BERBASIS MULTIMODEL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR
PENGARANG:AGUSTIN NOVIA LAILIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-29


Rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimodel. Bahan ajar yang dikembangkan pada materi ajar suhu dan kalor. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar suhu dan kalor yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Desain uji coba menggunakan one group pretest-postest design pada 31 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui validasi bahan ajar, observasi keterlaksanaan RPP dan keterampilan proses sains peserta didik, serta tes belajar peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas RPP, materi ajar, LKPD dan THB dalam kategori baik; (2) kepraktisandilihat dari keterlaksaan RPP berkategoripraktis; (3) efektivitas dilihat berdasarkanN-gain hasil belajar sebesar 0,64 dan berkategori sedang; dan (4) keterampilan proses sains peserta didik dilihat berdasarkan lembar pengamatan untuk tiap aspek dari yang sebelumnya dalam kategori kurang baik menjadi berkategori baik. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar suhu dan kalor yang dikembangkan adalah layak digunakan untuk melatihkan keterampiln proses sains peserta didik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI