DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI RESIKO PADA PROYEK JEMBATAN PASAR PANAS KECAMATAN MATARAMAN
PENGARANG:TIRTA HIDAYAT NUR KHALIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-29


IDENTIFIKASI RESIKO PADA PROYEK JEMBATAN PASAR PANAS KECAMATAN MATARAMAN

Tirta, Eliatun, M.T.

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax. (0511) 4781730

Email : tirtahidayatnk@gmail.com

 

ABSTRAK

Dalam pelaksanaan bidang jasa konstruksi sektor pembangunan infrastruktur lewat skema pendanaan dan kerjasama, tentu harus pula diikuti dengan adanya potensi resiko dan kemampuan yang sesuai dalam mengelolanya. Resiko dapat dikatakan merupakan akibat yang mungkin terjadi secara tidak terduga. Pada proyek kontruksi jembatan, resiko yang terjadi bisa sangat banyak dalam beberapa aspek. Adapun pada proyek pembangunan jembatan Pasar Panas Kecamatan Mataram, faktor resiko apa saja yang ada disana dan faktor resiko apa saja yang paling berpengaruh terhadap jalannya proyek tersebut.

Survey dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner kepada 10 orang responden yang bekerja pada proyek pembangunan jembatan Pasar Panas Kecamatan Mataram. Hasil survey yang didapatkan dianalisa dengan metode skala likert dan metode matriks untuk menentukan faktor-faktor penilaian probabilitas dan penilaian dampak sehingga dapat diketahui besaran resiko yang berpengaruh.

Hasil identifikasi faktor resiko pada proyek pembangunan jembatan Pasar Panas Kecamatan Mataram didapatkan 16 faktor resiko dari 6 kategori resiko yaitu peralatan (equipmenti), bahan (material), metode (method), waktu (time), pelaksanaan, dan lingkungan. Dari hasil analisa didapatkan bahwa faktor resiko yang paling berpengaruh pada proyek pembangunan jembatan Pasar Panas Kecamatan Mataram yaitu Reschedule time.

 

Kata Kunci : Resiko proyek, faktor resiko, identifikasi resiko, analisa resiko

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI