DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGARUH BEBAN LALU LINTAS TERHADAP KERUSAKAN PERKERASAN JALAN SEGMEN: BANJARBARU – BATI-BATI
PENGARANG:JIHAN ALYA NABILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-30


Pertumbuhan jumlah penduduk, ditambah dengan perkembangan kebutuhan transportasi, akan berakibat pada peningkatan volume lalu lintas baik roda dua, empat, atau selebihnya. Peningkatan volume lalu lintas merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan jalan. Dengan jumlah kendaraan yang semakin bertambah dimungkinkan jalan akan mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif singkat.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh volume lalu lintas dalam smp/jam dengan tingkat kerusakan jalan dan hubungan beban standar dengan tingkat kerusakan jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi dan korelasi, dimana untuk mendapatkan fungsi hubungan tersebut dengan nilai r dan  yang menunjukkan besarnya pengaruh atau keterikatan antara tingkat kerusakan jalan dengan volume lalu lintas dan beban standar. Penelitian ini dilakukan diruas Jl. H.Mistar Cokrokusumo Banjarbaru sampai Jl. A.Yani Km.34 kecamatan Bati-Bati. Penelitian pada jalan ini dilakukan karena ruas jalan ini merupakan daerah kuari, sehingga banyak aktifitas dari kendaraan berat yang lewat untuk mengangkut material.

Terdapat hubungan antara volume lalu lintas dalam smp/jam dengan nilai kerusakan jalan. Dalam mencari hubungan ini volume lalu lintas sebagai variabel x dibagi menjadi 3, yaitu kendaraan ringan (LV) dimisalkan sebagai x1, kendaraan berat (HV) sebagai x2, dan volume lalu lintas (smp/jam) sebagai x3, serta nilai kerusakan jalan sebagai variabel y. Setelah dicari hubungan satu per satu antara variabel x1 dengan y, x2 dengan y, dan x3 dengan y, maka didapat besarnya hubungan antara kendaraan berat (HV) dan nilai kerusakan jalan yang paling mempengaruhi, yaitu didapat nilai rsebesar 0,9822 dengan  sebesar 0,011099. Sedangkan dalam menentukan hubungan antara beban standar dan nilai kerusakan jalan. Dimana beban standar dimisalkan sebagai variabel x dan nilai kerusakan jalan sebagai variabel y, didapat hasil r sebesar 0,9528. Dari kedua analisis tersebut diperoleh hasil jika hubungan antara variabel x dan y untuk mencari hubungan antara volume lalu lintas dengan nilai kerusakan jalan, ataupun hubungan beban standar dengan nilai kerusakan jalan saling mempengaruhi. Karena semakin besar hasil korelasi maka semakin besar pula pengaruh variabel x terhadap variabel y.

Kata Kunci :  Nilai Kerusakan Jalan, Lalu Lintas,Beban,Regresi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI