DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK
PENGARANG:TRIA RATNA NINGTIAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-30


Hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa peserta didik SMK Negeri 1 Banjarmasin masih kurang memahami konsep serta bertanggung jawab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat model pembelajaran kooperatif berbasis eksperimen yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan tanggung jawab peserta didik.  Data diperoleh dari lembar validasi perangkat pembelajaran fisika, lembar keterlaksanaan keterlaksanaan RPP, tes pemahaman dan tanggung jawab. Model pengembangan yang digunakan ADDIE dan diujicobakan pada 25 peserta didik kelas XA Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan penilaian pakar, (2) perangkat pembelajaran praktis berdasarkan keterlaksanaan RPP dengan kategori baik, (3) perangkat pembelajaran efektif berdasarkan nilai N-Gain pemahaman konsep dengan kategori sedang dan tanggung jawab dengan kategori baik. Diperoleh simpulan bahwa perangkat model pembelajaran koopertif berbasis eksperimen yang dikembangkan termasuk layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan tanggung jawab peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI