DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI TUKAR NELAYAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) DI KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NAUFAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-30


Kelompok Usaha Bersama (KUB) merupakan wadah organisasi bagi nelayan untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan usahanya. Upaya untuk mengetahui tingkat kesejahteraan perlu digunakan indikator Nilai Tukar Nelayan (NTN) keluarga nelayan baik dari sektor perikanan maupun non perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Aktivitas Kondisi usaha penangkapan di Kelompok Usaha Bersama (KUB) (2) Menganalisis Nilai Tukar Nelayan (NTN) Kelompok Usaha Bersama (KUB) (3) Menganalisis Indeks Nilai Tukar Nelayan (INTN) Kelompok Usaha Bersama (KUB). Penelitian ini dilaksanakan di Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Metode pengambilan sampel yang digunakan metode sensus dimana mengambil keseluruhan populasi nelayan.

Analisis data untuk tujuan pertama deskriptif yaitu mendeskripsikan data dalam bentuk paragraph. Analisis data tujuan yang kedua yaitu Analisis NilaiTukar Nelayan(NTN) merupakan rasiototalpendapatan terhadap total pengeluaranrumahtangganelayan selamaperiodewaktu tertentu NTN =Yt/ Etx100, Yt =YFt+YNFt, Et =EFt+EKt. Analisis data tujuan yang ketiga Analisis Indeks Nilai Tukar Nelayan (INTN). INTN = (ITt / IBt) x 100 %.

Kecamatan Aluh-aluh Memiliki 3 Kelompok Usaha Bersama yang aktif, Alat tangkap yang digunakan yaitu  Togo (Fillter net), Rawai (Long line), dan Rengge (Set Gillnet). Nilai Tukar Nelayan KUB Nelayan Pesisir mempunyai rerata NTN yang tertinggi sebesar 108,39, KUB Mendulang Hasil Pesisir dengan rerata 96,77. INTN tertinggi di KUB Nelayan Pesisir sebesar 117,05, dan terendah di KUB Nelayan Pesisir sebesar 85,89.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI