DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN KONSONAN BILABIAL (b) MELALUI PERMAINAN TERAPEUTIK PADA ANAK HIPERAKTIF KELOMPOK A DI PAUD TERPADU RIYADHUS SA’ADAH
PENGARANG:DWI FAKHRINA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-26


Kata Kunci : anak hiperaktif; pengucapan konsonan bilabial (b); permainan
terapeutik
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya hambatan artikulasi
terutama dalam mengucapkan konsonan bilabial (b) pada anak hiperaktif.
Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan
menggunakan permainan terapeutik sebagai treatment untuk melatih
kemampuan mengucapkan konsonan bilabial (b) pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan
terapeutik menggunakan media gambar dalam meningkatan kemampuan
mengucapkan konsonan bilabial (b) pada anak hiperaktif kelompok A di
PAUD Terpadu Riyadhus Sa’adah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Reaserch (SSR)
dengan desain A-B. Subjek penelitiannya adalah anak hiperaktif. Ukuran
target behaviornya adalah kemampuan mengucapkan konsonan bilabial (b).
Dimana kondisi A adalah baseline yaitu kondisi awal kemampuan
mengucapkan konsonan bilabial (b) di awal, di tengah dan di akhir kata
sebelum diberikan tindakan. Kondisi B merupakan kondisi intervensi yaitu
kondisi dimana anak diberikan intervensi dengan permainan terapeutik.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui prosedur pencatatan
dengan observasi langsung, dimana pencatatan dibuat dalam sebuah format
penilaian yang telah disediakan. Data yang diperoleh diolah dalam grafik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengucapkan
konsonan bilabial (b) di awal, di tengah dan di akhir kata anak meningkat
setelah diberikan permainan terapeutik dengan menggunakan media gambar.
Ini terbukti pada mean level kemampuan anak mengucapkan konsonan
bilabial (b) di awal, di tengah dan di akhir kata fase baseline-1 sampai dengan
fase treatment 8 mean level kemampuan mengucapkan konsonan bilabial (b)
anak hiperaktif meningkat 30%. Dari hasil penyajian data dapat disimpulkan
bahwa permainan terapeutik dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan
konsonan bilabial (b) di awal, di tengah dan di akhir kata . Dengan demikian
disarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya agar menggunakan permainan
terapeutik yang bervariasi dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak
sesuai yang diinginkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI