DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan LKPD Berintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Mater Fluida Statis untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik
PENGARANG:RAHMA FITRI ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-30


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya LKPD berintegrasi STEM serta rendahnya keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berintegrasi STEM pada materi fluida statis untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan secara khusus yaitu untuk mendeskripsikan: 1) validitas LKPD, 2) kepraktisan LKPD, 3) efektivitas LKPD, 4) pencapaian keterampilan proses sains peserta didik, 5) pencapaian STEM peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek 28 peserta didik kelas XI MIA 1 di MAN 3 Banjarmasin. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) validitas LKPD yang ditinjau dari lembar validitas LKPD memperoleh skor 0,61 berkategori valid; 2) kepraktisan LKPD yang ditinjau dari angket respon peserta didik memperoleh skor 3,40 berkategori praktis; 3) efektivitas LKPD yang dilihat dari hasil belajar peserta didik memperoleh skor n-gain 0,65 dengan kategori sedang; 4) pencapaian keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan lembar pengamatan keterampilan proses sains peserta didik memperoleh skor 3,52 berkategori sangat baik; 5) pencapaian STEM yang dilihat dari lembar pengamatan STEM peserta didik memperoleh skor 3,56 berkategori sangat baik. Diperoleh simpulan bahwa LKPD berintegrasi STEM pada materi fluida statis untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik layak digunakan saat proses pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI