DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Bahan Ajar Fisika Topik Elastisitas Menggunakan Model Pengajaran Langsung untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik
PENGARANG:RAMADHANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-30


ABSTRAK

Bahan ajar di MAN 3 Banjarmasin belum dirancang untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sehingga kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar fisika topik elastisitas menggunakan model pengajaran langsung yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE, diujicobakan pada 32 peserta didik kelas XI MIA 2 MAN 3 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen penilaian validitas perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes pemecahan masalah. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahan ajar model pengajaran langsung yang dikembangkan termasuk valid karena LKPD berkategori sangat valid, RPP, materi ajar, dan THB berkategori valid, (2) Bahan ajar model pengajaran langsung termasuk praktis karena komponen RPP dapat terlaksana dengan kategori sangat praktis, (3) perangkat pengajaran langsung termasuk efektif karena nilai N-Gain pemecahan masalah sebesar 0,66; berarti peningkatannya dalam kategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pengajaran langsung yang dikembangkan termasuk layak untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Kata kunci: Bahan ajar, kemampuan pemecahan masalah, model pengajaran langsung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI