DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BERBASIS AKRUAL
PENGARANG:AGISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-31


Agisa, 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Berbasis Akrual pada Satker-Satker Kementerian Agama Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.  Dr. Syaiful Hifni, Drs, Ec, M.Si, Ak, CA. (Pembimbing I) dan Achmad Suhaili, S.E, M.Si, Ak, CA.  (Pembimbing II).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, Komunikasi dan Pemanfaatan  Teknologi Informasi sebagai variabel independen terhadap Kualitas Laporan Keuangan Berbasis Akrual sebagai variabel dependen pada Satker-Satker Kementerian Agama Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.           

Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 90 pegawai atau staf pengelola keuangan pada 18 Satker. Pengukuran variabel menggunakan teknik Skala Likert dengan skala bobot 1 sampai 5. Untuk mengetahui pengaruh antar variabel X1, X2, X3 dan X4 terhadap Y menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan untuk menguji tingkat signifikansi menggunakan uji F dan uji t yang diolah dengan Program SPSS versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel: Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, Komunikasi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Berbasis Akrual pada Satker-Satker Kementerian Agama Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Secara parsial hanya Komitmen Organisasi yang berpengaruh signifikan positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Berbasis Akrual pada Satker-Satker Kementerian Agama Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan variabel Komitmen Organisasi, Komunikasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi tidak berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Berbasis Akrual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI