DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Penerapan Model Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII-F SMP Negeri 21 Banjarmasin | |
PENGARANG | : | Zainab | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-01-31 |
Rendahnya keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa diduga karena
strategi pembelajaran di sekolah yang kurang sesuai harapan. Oleh karena itu
dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan
masalah dan hasil belajar siswa melalui model pengajaran langsung pada
pembelajaran fisika. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan (1)
keterlaksanaan RPP selama proses belajar mengajar melalui model pengajaran
langsung, (2) keterampilan pemecahan masalah siswa melalui model pengajaran
langsung, (3) hasil belajar siswa melalui model pengajaran langsung. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan model
Hopkins. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 21 Banjarmasin.
Data diperoleh melalui tes, dan observasi. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif
dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP selama
proses belajar mengajar melalui model pengajaran langsung meningkat yaitu pada
siklus I diperoleh 72,46% menjadi 88,08% pada siklus II, (2) dan keterampilan
pemecahan masalah siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh
rata-rata 39,39% menjadi 71,44% pada siklus II, (3) hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dimana ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 45,46% menjadi
81,82%. Diperoleh simpulan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan
keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI