DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA MELALUI INKUIRI TERBIMBING
PENGARANG:NANDA MAHJATIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-31


PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)BERBASIS STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA MELALUI PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING. (Oleh: Nanda Mahjatia, Pembimbing: Dr. Eko Susilowati, M.Si, Sarah Miriam, M.Sc; 2019; 81 halaman)

 

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum terlatihnya keterampilan proses sains peserta didik di salah satu sekolah di kota Banjarmasin. Oleh karena itu peneliti mengembangakan LKPD berbasis STEM untuk melatihkan KPS melalui penerapan inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian secara khusus, yaitu untuk mendeskripsikan:1) Validitas LKPD; 2) kepraktisan LKPD; 3) efektivitas LKPD; 4) pencapaian keterampilan proses sains; dan 5) Pencapaian STEM.  Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan model ADDIE dengan objek uji coba 22 peserta didik kelas XI MIPA 2 dan subjek LKPD berbasis STEM bertempat di salah satu sekolah di kota Banjarmasin. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Validtas LKPD berkategorikan valid dengan rerata sebesar 2,94. 2) LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis, karena angket respon dari peserta didik mendapatkan hasil dengan rerata sebesar 2,88 dengan kategori praktis. 3) Efektivitas LKPD yang dikembangkan diukur dari N-gain dimana nilai dari N-gain yang didapat sebesar 0,43 dengan kategori sedang yang berarti efektiv. 4) Pencapaian KPS melalui LKPD berbasis STEM yang didapat secara keseluruhan sangat baik dan mengalami peningkatan disetiap pertemuan. 5) Pencapaian STEM melalui LKPD berbasis STEM yang didapat secara keseluruhan sangat baik dan mengalami peningkatan disetiap pertemuan. Disimpulkan bahwa LKPD suhu dan kalor berbasis STEM untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik layak digunakan dalam proses pembelajaran di tingkat SMA.

 

Kata Kunci:  STEM; LKPD; KPS; Inkuiri Terbimbing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI