DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMODEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TOPIK FLUIDA STATIS
PENGARANG:GUSTI NUR RIZKY EMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-31


ABSTRAK

 

Rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik diduga karenabahan ajar yang digunakan kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar multimodel yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untukmeningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada topik fluida statis. Penelitian ini merupakanpenelitian pengembangan, di mana desain penelitian menggunakan model ADDIEdan diujicobakan pada 32 peserta didik kelas XI MIA 1 di SMAN 10 Banjarmasin.Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi bahan ajar, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, danangket minat belajar peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif, kualitatif, dankuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar multimodel yang dikembangkan termasuk valid karena RPP, LKPD, THB, danmateri ajar berkategori baik, (2) bahan ajar multimodel yangdikembangkan termasuk praktis karena fase-fase model pengajaran langsungterlaksana dengan baik, dan (3) bahan ajar multimodelyangdikembangkan termasuk efektif karena motivasi belajar dengan kategori sedang dengan N-gain0,37 dan N-gain hasil belajar sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Simpulanpenelitian ini adalah bahan ajar multimodel layak digunakan untukmeningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada topikfluida statis.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, multimodel, minat, hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI