DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH SAWO TERHADAP MIKROBA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:AYU RIZKI ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-31


Annisa, Ayu Rizki. 2019. Pengembangan Macromedia Flash Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo terhadap Mikroba dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis Program Magister Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. H. Aminuddin P. Putra, M.Pd. dan  Pembimbing II: Dr. Dharmono, M.Si.

 

Hasil penelitian tentang daya antibakteri ekstrak buah Sawo (Achras zapota L.) terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran yang interaktif untuk mata kuliah Mikrobiologi yaitu mekanisme hambat antimikroba. Media pembelajaran interaktif yang diduga bisa mendorong tumbuhnya kemampuan berpikir kritis adalah media pembelajaran berbasis macromedia flash. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan validitas pengembangan macromedia flash daya antibakteri sawo dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa; (2) Mendeskripsikan kepraktisan pengembangan macromedia flash daya antibakteri sawo dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa; dan (3) Mendeskripsikan keefektifan implementasi pengembangan macromedia flash daya antibakteri sawo dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model evaluasi formative Tessmer. Validasi media dilakukan oleh 2 orang ahli media dan validasi materi dilakukan oleh 1 orang ahli materi. uji perorangan dilakukan oleh 5 orang mahasiswa. Uji kepraktisan dilakukan oleh 10 orang mahasiswa pada small group untuk memeroleh data kepraktisan harapan dan 40 orang pada field test untuk memeroleh data kepraktisan aktual. Keefektifan media dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dilihat dari peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang dilakukan oleh 10 orang mahasiswa pada small group untuk memeroleh data kefektifan harapan dan 40 orang pada field test untuk memeroleh data keefektifan aktual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan valid dengan skor 84,67 untuk penilaian media dan 93,33 untuk penilaian dari aspek materi. Media pembelajaran juga termasuk kategori sangat praktis berdasarkan nilai data kepraktisan harapan dan aktual, yaitu respon mahasiswa sebesar 85,11% untuk nilai harapan dan 85,1% untuk nilai aktual serta keterlaksanaan media 90,18% untuk nilai harapan dan 88,39% untuk nilai aktual. Data kepraktisan berdasarkan respon pendidik saat field test memeroleh nilai sebesar 91,67%. Media ajar macromedia flash yang dikembangkan cukup efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan kategori n-gain sedang pada semua indikator.

 

Kata kunci: Pengembangan macromedia flash, Antibakteri Ekstrak Buah Sawo, Kemampuan Berpikir Kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI