DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesadaran Hukum Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Masyarakat Kelurahan Kelayan Timur
PENGARANG:Hasan Asyari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-01


ABSTRAK

Hasan Asy’ari, 2019, Kesadaran Hukum dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Masyarakat Kelurahan Kelayan Timur. Skripsi   Program   Studi   Pendidikan   Pancasila   dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIPUniversitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I)Zainul Akhyar, (II) Acep Supriadi.

Kata Kunci : Kesadaran Hukum, Pajak Kendaraan Bermotor.

Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Pajak Kendaraan Bermotor termasuk ke dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari pajak daerah. Pajak Kendaraan Bermotor pada daerah Kelurahan Kelayan Timur tahun 2018 tidak mencapai target pendapatan dengan realisasi 98,24% artinya masih ada wajib pajak pada masyarakat Kelurahan Kelayan Timur yang belum membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan masyarakat, kesadaran masyarakat dan kendala yang dihadapi oleh masyarakat Kelurahan Kelayan Timur dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

Metode  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah metode penelitian kualitatif. Teknik penentuan sumber data dilakukan secara Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  mengikuti  konsep  Miles  dan  Huberman  yaitu  reduksi  data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwapengetahuan masyarakat Kelurahan Kelayan Timur dalammembayarPajakKendaraanBermotordapat dikatakan sudah cukup baik.KesadaranmasyarakatKelurahanKelayan Timur dalammembayarPajakKendaraanBermotordikatakansudahcukupbaik. SuasanaIndividu (belum memiliki uang, malas serta tidak adanya imbalan langsung dari pemerintah), Partisipasimasyarakat dan kehandalanpelayanan SAMSAT Banjarmasin I merupakan kendala kesadaranmasyarakatKelurahanKelayan Timur dalammembayarpajakkendaraanbermotor.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar SAMSAT Banjarmasin I dapat meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor. Upaya  Pemerintah SAMSAT Banjarmasin 1dalam mengatasi kendala membayar pajak kendaraan bermotor yaitu dengan memberikan surat peringatan kepada masyarakat disaat aksi razia kepada masyarakat Kelurahan Kelayan Timur. Sebaiknya pemerintah juga memberikan informasi terkait pelayanan pajak kendaraan bermotor.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI