DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM IMPLEMENTASI MINAT PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:MUHAMMAD AZHAR BUDIMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-03


Muhammad Azhar Budiman, 2019, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dalam Implementasi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Dan Kualitas Laporan Keuangan (Studi Empiris Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan). Dibimbing oleh Dr.Syaiful Hifni,Drs.Ec.,M.Si.,Ak danAchmad Suhaili, SE, M.Si, Ak., CA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi pemakai terhadap minat pemanfaatan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah(SIPKD). Latar belakang dilakukan Penelitian ini adalah karena : pertama, sistem informasi telah diimplementasikan dibanyak organisasi baik sektor swasta maupun sektor publik, namun pemanfaatan yang masih rendah terhadap sistem informasi secara berkelanjutan. Kedua, adanya perbedaan beberapahasilpenelitian sebelumnya terkait pemanfaatan sistem informasi sehinggaperludilakukanpengujiankembali.  

 

Penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada 100 PNS pada SKPD Provinsi Kalimantan Selatan dengan metode personal judgement  dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dan teknik Multivariate Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan AMOS versi 22.

 

Hasil penelitian menunjukkan ekspektasi kinerja, faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah SIPKD. Minat pemanfaatan sistem informasi pengelolaan keuangan daerahberpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Ekspektasi usaha dan kondisi yang memfasilitasi pemakai tidak berpengaruh terhadap minat pemanfaatan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (SIPKD).

 

Kata kunci : ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial, kondisi yang memfasiitasi pemakai dan minat pemanfaatan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah SIPKD serta Kualitas Laporan Keuangan.

 

 

                  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI